Sub Pokok Bahasan : 4. MANAJEMEN
PEMASARAN
A. KEADAAN PERMINTAAN DAN TUGAS
PASAR
Sebagai manajer
pemasaran juga harus mengadakan penyesuaian terhadap permintaan pasarnya. Ini
dilakukan dengan mengatur tingkat, waktu, dan sifat-sifat permintaan sedemikian
rupa, sehingga membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya.
Adapun macam-macam
keadaan permintaan dan tugas pemasaran adalah sebagai berikut :
Keadaan Permintaan
|
Tugas Pemasaran
|
a. Permintaan Negatif
|
Positifkan permintaan
|
b. Tak Ada Permintaan
|
Ciptakan permintaan
|
c. Permintaan Latent
|
Kembangkan permintaan
|
d. Permintaan Menurun
|
Tingkatkan permintaan
|
e. Permintaan Tak Teratur
|
Selaraskan permintaan
|
f. Permintaan Penuh
|
Pertahankan permintaan
|
g. Permintaan Berlebihan
|
Kurangi permintaan
|
h. Permintaan Tak Sehat
|
Tiadakan permintaan
|
B. FALSAFAH MANAJEMEN
PEMSARAN
Segala aktivitas
haruslah dilandasi oleh falsafah. Falsafah pemasaran harus menjadi pedoman
seluruh aktivitas pemasaran. Terdapat 5 falsafah/pedoman yang dapat digunakan
oleh perusahaan untuk menjalankan aktivitas pemasaran, yaitu:
a. Production Concept
Konsumen lebih menyukai produk yang
tersedia secara luas dan murah harganya
b. Product Concept
Konsumen menyukai produk produk yang
menawarkan kualitas, dan kinerja terbaik, serta fitur fitur yang inovatif
c. Selling Concept
Konsumen dan pebisnis hanya akan
membeli produk yang melakukan usaha usaha pemasaran yang aktif. Konsumen tidak
akan membeli jika tidak ada usaha pemasaran yang gencar
d. Marketing Concept
Kunci pencapaian sasaran organisasi
adalah seberapa efektif suatu perusahaan dalam menciptakan, menyampaikan, dan
mengkomunikasikan nilai pelanggan yang lebih superior kepada target pasarnya
disbanding dengan pesaingnya
e. Holistic Marketing Concept
Merupakan konsep menyeluruh atas relationship
marketing, integrated marketing, internal marketing, social responsibility
marketing
·
Relationship
Marketing :
Sasaran kunci pemasaran adalah
mengembangkan relationship secara mendalam dan abadi dengan semua orang atau
organisasi yang dapat mempengaruhi secara langsung maupun tidak langsung
keberhasilan aktivitas pemasaran perusahaan.
Relationship marketing memiliki tujuan
membangun secara bersama-sama relationship jangka panjang yang memuaskan dengan
pihak pihak kunci, seperti: customer, supplier, distributors, dan partner
pemasaran lainnya, sehingga mampu menghasilkan dan mempertahankan bisnisnya.
·
Integrated
Marketing :
Pemasaran terintegrasi yang memadukan:
Product , Price, Place, Promotion
(Advertising, Sales promotion, Events and experiences, Public relations,
Direct marketing, Personal selling)
·
Internal
Marketing :
Pemasaran internal merupakan tugas
memilih, melatih, dan memotivasi pekerja/employee yang ingin melayani pelanggan
secara baik
·
Social
Responsibility Marketing :
Pemahaman akan wawasan yang luas serta
etika, lingkungan, hokum, dan social dalam konteks aktifitas dan program
pemasaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar