Senin, 12 Desember 2011

Tugas Softskill Bab 6 Sub pokok Bahasan ke-4


Sub Pokok Bahasan : 4.    MANAJEMEN PEMASARAN

A.     KEADAAN PERMINTAAN DAN TUGAS PASAR

Sebagai manajer pemasaran juga harus mengadakan penyesuaian terhadap permintaan pasarnya. Ini dilakukan dengan mengatur tingkat, waktu, dan sifat-sifat permintaan sedemikian rupa, sehingga membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya.
Adapun macam-macam keadaan permintaan dan tugas pemasaran adalah sebagai berikut :

Keadaan  Permintaan
Tugas  Pemasaran
a.  Permintaan Negatif
Positifkan permintaan
b.  Tak Ada Permintaan
Ciptakan permintaan
c.  Permintaan Latent
Kembangkan permintaan
d.  Permintaan Menurun
Tingkatkan permintaan
e.  Permintaan Tak Teratur
Selaraskan permintaan
f.   Permintaan Penuh
Pertahankan permintaan
g.   Permintaan Berlebihan
Kurangi permintaan
h.  Permintaan Tak Sehat
Tiadakan permintaan


B.      FALSAFAH MANAJEMEN PEMSARAN

Segala aktivitas haruslah dilandasi oleh falsafah. Falsafah pemasaran harus menjadi pedoman seluruh aktivitas pemasaran. Terdapat 5 falsafah/pedoman yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk menjalankan aktivitas pemasaran, yaitu:
a.    Production Concept
Konsumen lebih menyukai produk yang tersedia secara luas dan murah harganya
b.   Product Concept
Konsumen menyukai produk produk yang menawarkan kualitas, dan kinerja terbaik, serta fitur fitur yang inovatif
c.   Selling Concept
Konsumen dan pebisnis hanya akan membeli produk yang melakukan usaha usaha pemasaran yang aktif. Konsumen tidak akan membeli jika tidak ada usaha pemasaran yang gencar
d.   Marketing Concept
Kunci pencapaian sasaran organisasi adalah seberapa efektif suatu perusahaan dalam menciptakan, menyampaikan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang lebih superior kepada target pasarnya disbanding dengan pesaingnya
e.    Holistic Marketing Concept
Merupakan konsep menyeluruh atas relationship marketing, integrated marketing, internal marketing, social responsibility marketing
·         Relationship Marketing :
Sasaran kunci pemasaran adalah mengembangkan relationship secara mendalam dan abadi dengan semua orang atau organisasi yang dapat mempengaruhi secara langsung maupun tidak langsung keberhasilan aktivitas pemasaran perusahaan.

Relationship marketing memiliki tujuan membangun secara bersama-sama relationship jangka panjang yang memuaskan dengan pihak pihak kunci, seperti: customer, supplier, distributors, dan partner pemasaran lainnya, sehingga mampu menghasilkan dan mempertahankan bisnisnya.
·         Integrated Marketing :
Pemasaran terintegrasi yang memadukan:
Product , Price,  Place, Promotion  (Advertising, Sales promotion, Events and experiences, Public relations, Direct marketing, Personal selling)
·         Internal Marketing :
Pemasaran internal merupakan tugas memilih, melatih, dan memotivasi pekerja/employee yang ingin melayani pelanggan secara baik
·         Social Responsibility Marketing :
Pemahaman akan wawasan yang luas serta etika, lingkungan, hokum, dan social dalam konteks aktifitas dan program pemasaran



Tidak ada komentar:

Posting Komentar