Sub Pokok Bahasan : 5. BAURAN
PEMASARAN
Merupakan empat
komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P yakni :
1. Product (produk)
Dalam bisnis, produk adalah barang atau
jasa yang dapat diperjualbelikan. Dalam marketing, produk adalah apapun yang
bisa ditawarkan ke sebuah pasar dan bisa memuaskan sebuah keinginan atau
kebutuhan. Dalam tingkat pengecer, produk sering disebut sebagai merchandise.
Dalam manufaktur, produk dibeli dalam bentuk barang mentah dan dijual sebagai
barang jadi. Produk yang berupa barang mentah seperti metal atau hasil pertanian
sering pula disebut sebagai komoditas.
2. Price (harga)
Adalah suatu nilai tukar yang bisa di
samakan dengan uang atau barang lain untuk manfaat yang diperoleh dari suatu
barang atau jasa bagi seseorang atau kelompok pada waktu tertentu dan tempat
tertentu.
3. Place (tempat, termasuk juga
distribusi)
Distribusi adalah salah satu aspek dari
pemasaran. Seorang atau sebuah perusahaan distributor adalah perantara yang
menyalurkan produk dari pabrikan (manufacturer) ke pengecer (retailer). Setelah
suatu produk dihasilkan oleh pabrik, produk tersebut dikirimkan (dan biasanya
juga sekaligus dijual) ke suatu distributor. Distributor tersebut kemudian
menjual produk tersebut ke pengecer atau pelanggan.
4. Promotion (promosi)
Adalah upaya untuk memberitahukan atau
menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk
membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor
mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar