Jumat, 29 Juni 2012

6 Arsitektur Search Engine

Dalam LABINTDAS, kak Fauzi menyuruh kita untuk mecari tahu bagaimana bentuk arsitektur dalam search engine. dari hasil yang pencarian yang saya lakukan di google, saya menemukan macam-macam bentuk arsitektur dalam search engine. Saya mendapatkannya dari berbagai sumber dan kemudian saya rangkum
Berikut ini adalah gambara dari 6 arsitektur search engine
1. Spider
Spider adalah program dari search engine yang bekerja untuk mengambil halaman-halaman yang ditemukannya. Spider ini sebenarnya memiliki fungsi yang hampir sama dengan browser, tetapi perbedaanya adalah spider tidak terliha karena ditujukan kepada mesin, sedangkan browser terlihat karena ditujukan langsung kepada manusia dalam berupa gambar, teks dll
2. Crawler
adalah sebuah program yang dimiliki oleh search engine yang berguna untuk menelusuri setiap link yang ada dalam sebuah website.
3. Indexer
merupakan salah suatu kompone search engineyang memiliki tugas sebagai pendeskripsi suatu halaman website dan menganalisa berbagai unsur didalamnya. Contohnya seperti pada penulisan title, penulisan huruf, keyword-keyword yang ada di konten sehingga akan mengenal web tersebut lebih jauh lagi terutama dalam menganalisa suatu keyword yang ada di dalamnya.
4. Database
Merupakan komponen search engine yang bertugas sebagai tempat untuk meletakkan data-data yang sebelumnya telah didownload oleh Spider serta sebagai tempat yang sebelumnya digunakan oleh Indexer dalam menganalisa suatu web.
5. Result Engine
Merupakan program yang bertugas untuk menggolongkan suatu web site dan untuk menentukan suatu perangkingan dalam hasil pencarian yang diminta oleh user. Program ini menganalisa siapa yang pantas masuk kriteria utama dalam pencarian suatu keyword yang diminta oleh pengguna. Data yang pertama muncul tentunya data yang telah memenuhi kriteria-kriteria search engine dan kaidah tertentu yang ditentukan oleh search engine.
6.  Web Server
Merupakan komponen terakhir pada seacrh engine yang berfungsi melayani permintaan kepada user yang merupakan umpan balik dari permintaan user tersebut. Web Server merupakan bagian central dan penentu terhadap apa-apa yang diminta oleh user.
Diatas adalah penjelasan mengenai arsitektur search engine semoga yang saya tulis ini sesuai dengan apa yang Kak Fauzi harapkan sehubungan dengan tugas yang diberikan dalam LABINTDAS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar