Senin, 30 April 2012

Mitos Timun, Nanas dan Keputihan


Tentunya kalian semua pasti pernah mendengar mitos yang mengatakan kalau kita makan nanas atau timun dapat menyebabkan keputihan, bahkan keguguran. Biasanya orang-orang tua kita yang selalu bilang seperti itu. Tapi apakah benar demikian? Mitos itu hanyalah sebuah kepercayaan kuno yang belum dapat dipastikan kebenarannya. Dan mengenai timun dan nanas belum tentu benar mengenai mitos tersebut. Mitos ini berawal dari penndapat yang mengatakan bahwa nanas, terutama nanas yang masih muda memiliki sifat antelmintik dan abortivum yang berpotensi menimbulkan kontraksi pada kandungan. Selain itu juga ada pendapat yang mengatakan bahwa kandungan air yang ada dalam buah nanas dapat menyebabkan keputihan. Tapi itu hanyalah sebuah mitos, karena perlu kalian ketahui bahwa menurut para ahli, buah nanas yang selama ini menjadi “musuhnya” para wanita ternyata memiliki banyak kandungan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh kita. Contoh kanudngan tersebut adalah :
1. Asam Amino Tritophan : berfungsi untuk merelaksasikan otak dan mengurangi depresi
2. Antioksidan dan Beta Karoten : mampu untuk menyeimbangkan konsentrasi glutation tereduksi sehingga dapat mencegah reaksi oksidasi yang menjadi penyebab penyakit mata, yaitu katarak.
Selain nanas, ada juga timun yang menjadi buah musuh utama para wanita, padahal banyak sekali kandungan vitamin yang sangat bagus untuk tubuh kita, diantaranya :
1. Fosfor, Kalsium, Sapronin, Protein, dan juga Lemak.
2. Flavonoid dan juga Polifenol : sebagai anti radang
3. Asam Malonat : berfungsi untuk menekan kadar gula yang ada dalam tubuh agar tidak berubah menjadi lemak atau bisa dibilang ini sangat baik untuk mengurangi berat badan
4. Kukurbitasin C : berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh kitadan mencegah penyakit hepatitis

Setelah melihat penjelasan dari kandungan vitamin yang terkandung dalam buah nanas dan timun, apakah kita masih berpikiran bahwa nanas dan timun itu menjadi penyebab keputihan dan keguguran? Sebenarnya keputihan itu apa sih? Dan penyebabnya apa? Pasti kalian bertanya –tanya.hehe, seperti paranormal saja ya saya ini. Baiklah, saya akan menjelaskan mengenai apa itu keputihan dan apa penyebanya menurut dari artikel-artikel yang telah saya baca .

Keputihan itu adalah keluarnya cairan yang berlebihan dari vagina, yang biasanya disertai dengan rasa gatal, nyeri atau rasa terbakar dibibir kemaluan kita dan biasanya juga disertai dengan bau yang tidak sedap. Warna dari cairan keputiha ini biasanya berwarna mulai dari putih, kekuning-kuningan, abu-abu, dengan konsentrasi cair hingga terkadang kental dan berbentuk seperti susu. Bau dari keputihan itu sendiri juga beragama, ada yang tidak berbau sama sekali, ada yang berbau seperti telur busuk, bahkan terkadang baunya seperti bau anyir dari daging mentah.

Penyebab dari keputihan adalah jamur. Maupun bakteri yang ada didalam vagina, atau bisa juga disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh. Tentunya kita tidak mau mengalami hal itu kan. Oleh karena itu kita harus selalu menjaga kebersihan daerah kewanitaan kita, agar tidak mengalami keputihan. Berikut ini adalah cara-cara untuk menghindari keputihan :
1. Mengguyur air dari bagian daerah kewanitaan kita dari atas kebawah
2. Sering mengganti pakaian dalam kita, agar jamu tidak dapat bersarang
3. Setiap kali buang air kecil atau besar dianjurkan untuk melap bagian daerah kewanitaan kita dengan handuk kecil yang kering
Hal tersebut harus diperhatikan untuk menghindari kelembaban yang berlebihan pada daerah kewanitan kita, karena kondisi yang lembab itu menjadi kondisi yang bagus untuk jamur dan bakteri berkembang biak. Itulah penjelasan mengenai mitos buah nanas dan timun dan juga keputihan. Semoga bermanfaat bagi kalian semua yaa 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar