Selasa, 15 November 2011

Tugas Softskill bab 1




Pokok Bahasan : Ruang Lingkup Bisnis
Sub pokok : 1. Pengertian Bisnis dan Jenisnya

1.  Pengertian Bisnis
Ada beberapa pengertian dari bisnis, yaitu :
·         Bisnis berasal dari kata business/busy yang berarti sibuk. Sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya.
·         Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan istitusi yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat.
·         Business is then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society.  (Huat, T Chwee, 1990)
·         Bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. (Griffin & Ebert)

Dari beberapa pengertian tersebut dapa disimpulkan pengertian dari bisnis :
·         Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang atau organisasi yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.


2.  Macam-Macam Kegiatan Bisnis
Ruang lingkup kegiatan bisnis sangat luas, akan tetapi pada dasarnya kegiatan bisnis dapat dibagi menjadi tiga aspek, yaitu :
1.   Aspek Produksi
Produksi diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Dalam arti luas tersebut, produksi dapat dibedakan menjadi 3 macam, yaitu :
a.  Produksi Primer
Yang termasuk kedalam produksi primer adalah kegiatan ekstraksi atau penarikan sumber daya alam atau kegiatan yang menggunakan sumber daya yang tersediadalam kondisi alamiah. Contohnya :
o   Pada pertambangan, orang menggali bijih dan mineral dari dalam tanah.
o   Pada pertanian, orang yang menanam dan memanen hasil tanaman.
o   Pada perikanan, orang yang menangkap ikan dari laut

b.  Produksi Sekunder
Yang termasuk kedalam produksi sekunder adalah sumber daya alam atau bahan mentah diperoleh dan diolah menjadi barang. Contohnya :
o   Bijih besi dikonversi atau diubah menjadi pipa atau lembaran (sheet) besi baja.
o   Kayu dikonversi menjadi peralatan rumah tangga.
o   Kulit mentah diubah menjadi sepatu, tas, jaket, dsb.
o   Bahan baku seperti katun, sutera, wol, atau serat sintetis dapat menghasilkan produk tekstil yang selanjutnya dapat diproses lebih lanjut menjadi garmen, handuk, korden, dsb.
c.  Produk Tersier
Yang dihasilkan dari produk tersier adalah berupa pemberian fasilitas dan layanan ( jasa) pendukung, bukannya barang-barang berwujud. Contohnya :
o   Perubahan transportasi yang mengangkut barang dari pabrik ke tempat-tempat pengecer.
o   Pedagang besar (distributor) pengecer menawarkan jasa distribusi kepada para konsumen
o   Jasa perbankan
o   Jasa asuransi
o   Jasa penerangan listrik
o   Jasa pers dan telekomunikasi
o   Jasa professional, seperti insinyur, akuntan, pengacara, dokter, konsultan, dll.
o   Jasa transportasi umum, dsb.




2.    Aspek Distribusi
Distribusi adalah kegiatan pemindahan barang & jasa dari produsen kepada konsumen. Pada umumnya distribusi meliputi kegiatan-kegiatan sbb :
o   Pemindahan bahan baku dari pemasok (supplier) kepada awal mula lini produksi
o   Melibatkan penyimpanan & penangan bahan baku & barang jadi
o   Pengemasan
o   Pengendalian persediaan
o   Transportasi kepada konsumen
System distribusi yang efisien berarti mapu menekan serendah-rendahnya modal yang tertanam pada bahan mentah atau barang jadi yang belum terjual. Kebanyakan produsen yang lebih menyukai pendistribusian secara langsung kepada para konsumennya.
Tetapi, pada dasarnya pendistribusian yang berlangsung sangat bergantung kepada jaringan pedagang besar(distributor) & pengecer (retailer) hingga sampai ditangan konsumen.

3.   Aspek Konsumsi
Konsumsi adalah kegiatan penggunaan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh konsumen. Kebutuhan atau pola konsumsi seseorang dapat dipengaruhi oleh factor yang beragam.
Contohnya :
§  Kelompok umur
Ketika kanak-kanak, barang yang paling popular adalah mainan.
Ketika menginjak usia remaja & sekolah, barang yang dibutuhkan adalah buku, peralatan sekolah dan olahraga
Ketika menginjak usia kaula muda, barang yang dibutuhkan adalah barang-barang yang berhubungan dengan fashion.
Ketika mulai berkeluarga, barang yang dibutuhkan adalah peralatan rumah tangga.
Ketika sudah setengah baya, membutuhkan barang-barang mewah.
Ketika sudah lanjut usia, yang dibutuhkan adalah pelayanan medis & pemeliharaan kesehatan khusus


Dengan melihat pola konsumsi yang beragam, produsen dapat membuat suatu perencanaan yang lebih baik untuk menentukan bagaiman peluang diterimanya barang atau jasa yang diproduksi tersebut oleh konsumen. Dan biasanya produsen mempromosikan keberadaan barang atau jasa tersebut secara luas & khususnya kepada konsumen.
Dengan adanya aspek konsumsi ini, tingkat permintaan barang dan jasa dapat tergambar. Daya beli atau permintaan akan meningkat, apabila konsumen memiliki penghasilan yang cukup.


4.   Ruang Lingkup Bisnis
Lingkungan bisnis :
-Lingkungan intern (memberikan pengaruh langsung kepada kegiatan bisnis) : pemerintah, pesaing, konsumen, asosiasi dagang, suplier dan serikat pekerja.
-Lingkungan ekstern (memberikan pengaruh tidak langsung terhadap kegiatan bisnis) : dunia internasional, ekonomi, sosial budaya dan politik.


5.   Jenis-Jenis Bisnis
Jenis-jenis bisnis ada 4, yaitu :
1.    Monopsoni
2.    Oligopoly
3.    Oligopsoni
4.    Pasar Monopoli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar